E-business dapat diartikan sebagai
pemanfaatan teknologi jaringan dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau
pihak-pihak terkait untuk meningkatkan proses bisnisnya. Penerapan E-business
pada suatu unit usaha dapat menimbulkan keuntungan atau kerugian. Pada satu
sisi pemanfatan teknologi informasi untuk bisnis memberikan keuntungan dalam
hal peningkatan penjualan, memperluas pemasaran dan promosi serta meningkatkan
efisiensi, tetapi disisi lain penerapan e-bisnis cenderung mengakibatkan
kerugian karena biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi tersebut
sangat tinggi sehingga pihak manajemen harus mempertimbangkan cost dan benefit
dari pemanfaatan tersebut. Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan dalam beberapa
model, misalnya Business to Consumer (B2C). B2C adalah Model E-Commerce di mana entitas bisnis menjual produknya berupa barang
atau jasa ke individual konsumen atau disebut juga e-tailing. Lalu bagaimana penerapan atau contoh dari
E-bisnis? pada bagian ini saya akan lebih banyak hal tersebut. Contoh
model B2C (Business to Consumer) yang ada
di Indonesia adalah www.elzattashop.com. Situs ini bertindak sebagai
intermediasi entitas bisnis dalam menawarkan busana dan aksesorisnya khusus
untuk muslimah. Kemudian salah satu
contoh perusahaaan atau situs yang menjual produk dalam bentuk jasa adalah www.mediaweb.co.id. Situs
ini bertindak sebagai intermediasi entitas bisnis dalam menawarkan jasa berupa
Hosting , Domain, dan Pembuatan Website. Kebetulan saya juga tergabung dalam
mediaweb grup sebagai langkah awal saya berbisnis melalui media internet.
Seiring
bertambahnya penggunaan internet di Indonesia, semakin berubah pola bisnis yang
dilakukan oleh para pengusaha. Saat ini telah banyak bisnis yang dijalani
dengan basis internet seperti toko online, website penyedia jasa, sampai situs
jual beli barang bekas. Setiap bentuk bisnis yang dibangun di internet tentunya
akan lebih maju jika didukung dengan fasilitas hosting terbaik. Banyak
pengusaha baru yang mencoba untuk menemukan layanan hosting terbaik agar website
mereka lebih menarik dan dilirik oleh para pengunjung. Hal inilah yang
menjadikan dasar munculnya bisnis baru yaitu bisnis hosting. Pada awalnya jenis
hosting yang banyak digunakan adalah hosting gratis namun seiring dengan
kebutuhan penyimpanan data dan layanan yang lebih profesional, banyak yang
beralih mengunakan layanan hosting berbayar. Bisnis penyedia hosting memang
masih berkembang di Indonesia tapi justru inilah peluang bagi Anda yang
berminat terjun di dunia hosting karena jumlah kompetitor lokal yang belum
terlalu banyak. Sebelum membangun bisnis ini ada baiknya Anda mencari informasi
tentang layanan hosting Pada awalnya jenis hosting yang banyak digunakan adalah
hosting gratis namun seiring dengan kebutuhan penyimpanan data dan layanan yang
lebih profesional, banyak yang beralih mengunakan layanan hosting berbayar.
Bisnis penyedia hosting memang masih berkembang di Indonesia tapi justru inilah
peluang bagi Anda yang berminat terjun di dunia hosting karena jumlah
kompetitor lokal yang belum terlalu banyak. Sebelum membangun bisnis ini ada
baiknya Anda mencari informasi tentang layanan hosting.
Setelah E-Bisnis sudah berjalan, apa yang harus kita
lakukan? Dalam sebuah bisnis ada 2 kemungkainan yang akan terjadi yaitu
berkembang lebih maju atau hancurnya sebuah bisnis. Hal yang tidak kalah
pentingnya dalam E-bisnis adalah CRM. CRM (customer relationship management)
merupakan proses membangun dan mempertahankan hubungan jangka panjang yang
menguntungkan dengan pelanggan melalui penyediaan pelayanan yang bernilai dan
yang memuaskan mereka. Fungsi utama dari CRM membantu berbagai bentuk
perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih
banyak pelanggan dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya.
Contoh dari penerapan CRM pada sebuah bisnis online yaitu mediaweb dengan cara
memberikan pelayanan terbik dan maksimal serta menjaga komunikasi yang baik
terhadap customer. Yang perlu dipahami adalah bahwa teknologi merupakan bagian
terakhir untuk melengkapi seluruh proses CRM. Teknologi bukan segalanya dalam
CRM, teknologi bisa dibawa belakangan dan teknologi siap pakai sudah tersedia.
Yang utama adalah persiapan proses bisnis, tujuan implementasi, sampai sedalam
apa CRM mau digunakan, sejauh mana hubungan dengan pelanggan mau dibina, data
atau sistem apa yang sudah dan sedang digunakan. Luangkan sedikit ekstra waktu
untuk menjawab semua itu baru setelah itu memikirkan biaya, skala, servis yang
dibutuhkan, penyedia jasa yang diperlukan, konsultan pendidik yang harus
didatangkan dan solusi CRM macam apa yang vendor tawarkan. Masalah fatal dan
besar yang mungkin terjadi, seperti aplikasi TI lainnya, adalah terbuangnya
feature atau kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI secara percuma. Pelanggan
tetap mengeluh, hubungan dengan pelanggan tetap transaksional, tidak ada
peningkatan efisiensi, staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan
data, profit perusahaan yang stagnan, dll.
sip dah..media promo terus nih :))
BalasHapuswih maksih ka sangat membantu sekali
BalasHapuskeren ka perjalananan ceritanya
agen viagra
pil biru
obat hammer