Minggu, 22 Maret 2015

2015: SPESIFIKASI DAN HARGA YAMAHA JUPITER MX KING 150

Persaingan yang cukup ketat pada pasar otomotif motor dengan segmentasi motor bebek di tanah air membuat jantung berbagai pabrikan otomotif menjadi berdegup cepat. Minat konsumen motor akan sebuah kuda besi yang handal ini rupanya membuat salah satu produsen motor asal Jepang merasa tertantang untuk menciptakan produk terbarunya ke pasaran. Produsen motor tersebut adalah sebuah brand dengan ciri khas lambang kebanggaan garpu tala yaitu Yamaha. Pabrikan otomotif tersebut berusaha memenuhi permintaan konsumen dengan menciptakan produk baru dalam segmentasi anyar yakni Bebek Sport. Produk terbaru tersebut adalah Yamaha Jupiter MX King 150 yang mana akan resmi diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2015 ini. Diperkirakan peluncuran produk motor bebek sport terbaru andalan Yamaha Indonesia ini paling lambat pada bulan Maret mendatang. Nah, penasarankan seperti apa ketangguhan dari Yamaha MX King 150 ini? Simak spesifikasi dan harga Yamaha MX King 150 di bawah ini ya bro dan sis!
yamaha jupiter mx king 150
Sekedar informasi saja ya bro dan sis, sebenarnya Yamaha Jupiter MX King 150 andalan Yamaha Indonesia ini telah diluncurkan terlebih dahulu di negara Asia Tenggara lainnya.
Negara tersebut adalah Vietnam, melalui Yamaha Vietnam mereka telah mengenalkan Yamaha MX King 150 ini dengan nama yang berbeda, yaitu Yamaha Exciter 150 ke publik pecinta otomotif di sana pada akhir tahun 2014 lalu. Sama seperti persaingan otomotif di tanah air, motor bebek terbaru ini diciptakan untuk menghadang dominasi bebek ayago dari Suzuki yakni Suzuki Raider 150 atau Suzuki Satria F 150. Menurut rumor yang beredar justru motor Yamaha ini lebih handal dari para pesaingnya tersebut, benarkah demikian? lalu seperti apakah wujud dan performa dari Yamaha MX King 150 ini? Simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru pada segmen-segmen berikut ini.
yamaha mx king

Spesifikasi Yamaha MX King 150

Desain Motor Bebek yang Sangat Sporty, Stylish dan Modern
Berbeda dengan motor bebek kebanyakan, justru spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki desain yang sangat sporty, stylish dan modern. Mulai dari tampang depannya yang terlihat meruncing yang dipadukan dengan sayap atau fairing yang ramping menghasilkan sistem aerodinamis yang baik saat melaju. Untuk desain lampu utama Yamaha MX King 150 memang cukup simpel dan terlihat seperti bebek kebanyakan. Tapi aksen lampu kota yang berbentuk menyipit pada bagian depan dan lampu sein yang berada pada samping fairing membuat motor ini seperti menatap agresif. Lalu jika Yamaha Jupiter MX King 150 dilihat dari samping, akan memberikan aura sporty yang maksimal karena aksen mono shock dan tampilan samping yang penuh dengan lekukan tajam yang tegas. Joknya yang berukuran cukup besar dan luas pun akan memberikan kenyaman saat mengemudi. Apalagi dipadukan dengan stang khas motor bebek akan memberikan ergonomis berkendara yang sangat nyaman. Sedangkan untuk bagian belakangnya tidak usah diragukan lagi bro dan sis karena motor ini memiliki tampilan motor super sport karena bentuk belakangnya yang meruncing. Apalagi spesifikasi Yamaha MX King 150 ini memiliki sepatbor menggantung khas Yamaha YZF R6 dan dipadukan oleh stoplamp sporty yang memiliki bentuk serupa dengan motor sport Yamaha di atasnya yakni Yamaha YZF R25. Untuk knalpotnya yang memiliki bentuk hampir sama dengan kakaknya yakni Yamaha Vixion Lightning semakin memberikan aura sporty yang maksimal. Tentu saja dengan tampilan yang sangat sporty pada semua bagian Yamaha MX King 150 ini membuat siapa pun kepincut untuk memilikinya.
Panel Spedometer Futuristik
Sedangkan spesifikasi Yamaha MX King 150 pada bagian spedometernya terlihat memiliki beberapa panel yang futuristik. Mulai dari indikator rotasi mesin per menit yang masih memiliki sistem analog dipadukan dengan beberapa indikator digital seperti indikator bahan bakar tersedia, indikator gigi, indikator kecepatan dan indikator trip meter. Ada lagi beberapa lampu indikator yang berwarna-warni seperti indikator lampu sein, indikator lampu utama, indikator mesin, indikator suhu mesin dan indikator gigi netral membuat tampilan spedometer Yamaha Jupiter MX King 150 ini semakin menarik untuk dipandang. Dengan desain gabungan antara sistem analog dengan digital tersebut membuat pengguna lebih mudah membaca informasi dan mengontrol Yamaha MX King 150 ini. Menariknya dengan adanya sapaan Hi Buddy dan Ready to Go saat mesin dinyalakan dengan kunci pada posisi ON membuat berkendara semakin menyenangkan. Sistem kunci yang berada di bawah stang kemudi berbasis Ignation Magnetic Key pun akan memberikan keamanan dan kemudahan dalam mengunci Yamaha Jupiter MX King 150 ini.
spesifikasi yamaha jupiter mx king 150
Dimensi Motor yang Pas dan Mantap
Sedangkan untuk dimensi dari Yamaha MX King 150 terlihat pas dan mantap untuk seukuran motor bebek. Menggunakan jenis frame Steel Pipes yang mengaplikasikan desain Diamond Structure membuat motor ini tangguh dan stabil dalam melaju di berbagai kondisi jalanan perkotaan. Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 sendiri memiliki dimensi berukuran 1.970 x 670 x 1.080 mm dengan ketinggian tempat duduk 780 mm dan jarak roda mencapai 1.290 mm membuat Yamaha MX King 150 ini terasa sangat nyaman untuk dikendarai. Bahkan dengan dimensi tersebut juga memungkinkan motor ini melakukan manuver dalam kecepatan tinggi. Apalagi bobotnya yang memiliki ukuran 115 kg membuat Yamaha MX King 150 ini semakin terasa responsif saat melaju di jalanan. Kapasitas tangki penyimpanan bahan bakarnya yang sanggup menampung hingga 4.2 liter dirasa sudah cukup untuk menyuplai bahan bakar kala melakukan perjalanan jarak jauh.
Kaki-kaki Gambot yang Tangguh
Beralih ke spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 pada bagian kaki-kakinya. Jika dilihat kaki-kakinya akan tampak memiliki ukuran besar atau gambot yang tentunya membuatnya semakin tangguh dalam melaju di jalanan perkotaan. Pada bagian depan Yamaha MX King 150 memiliki ukuran 70/90 dengan velg berukuran  17 inci dan bagian belakangnya berukuran 120/70 dengan velg berukuran 17 inci juga akan memberikan pijakan yang stabil, tangguh dan dapat diandalkan sehingga memungkinkan Yamaha MX King 150 ini untuk bermanuver pada kecepatan tinggi. Apalagi ban yang diberikan oleh pabrikan sudah memiliki jenis tubeless membuat kehandalan ban motor ini semakin tangguh untuk melaju di berbagai jenis jalanan tanpa khawatir mudah rusak atau bocornya ban Yamaha Jupiter MX King 150 ini. Untuk sistem pengeremannya yang memiliki jenis Hydraulic Disc berdiameter 245 mm pada bagian depan dan Hydraulic Disc berdiameter 203 mm membuat pengereman motor ini terasa mantap dan aman. Untuk sistem suspensinya sendiri, spesifikasi Yamaha MX King 150 menggunakan jenis Telescopic pada bagian depannya dan Single Axle Springs yang dipadukan dengan swing arm model biasa akan memberikan performa handling yang cukup maksimal.
spesifikasi yamaha mx 150
Dapur Pacu Powerfull dan Tangguh
Saatnya beralih pada sistem dapur pacu dari motor bebek Yamaha ini. Spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 mengandalkan mesin berkapasitas besar di atas rata-rata motor bebek saat ini. Dampaknya tentu saja dapat memberikan performa yang powerfull dan tangguh.  Yamaha MX King 150 ini memiliki mesin berkapasitas 149.7 cc yang terdiri dari 1 silinder, SOHC 4 katup, berpendingin mesin Liquid Cooled dan memiliki kompresi pembakaran 10.4 : 1 mampu menyemburkan tenaga  sebesar 15.4 PS pada putaran mesin 8.500 RPM dengan torsi maksimal mencapai 13.8 Nm pada putaran mesin 7.000 RPM. Tenaga Yamaha MX King 150 tersebut disalurkan melalui transmisi manual Full Cluth Centrifugal Wet yang memiliki 5 percepatan. Dengan tenaga tersebut membuat motor ini terasa sangat responsif baik itu untuk berakselerasi atau meraih top speed. Apalagi spesifikasi Yamaha MX King 150 yang didukung oleh bobot yang relatif ringan membuat motor ini menghasilkan PWR (Power Weight to Ratio) yang cukup besar. Bahkan kemampuannya bisa ditandingkan dengan motor sport batangan 150 cc 4 tak lainnya. Untuk sistem penyuplai bahan bakarnya sendiri Yamaha Jupiter MX King 150 menggunakan sistem Fuel Injection (FI) dengan 1 injector membuat semprotan bensin akan stabil dan memberikan performa yang optimal serta memberikan konsumsi bahan bakar yang efisien.
Fitur-fitur Ala Motor Sport
Sampai juga pada ulasan mengenai fitur-fitur dari spesifikasi Yamaha MX King 150 terbaru ini yang memiliki ciri khas ala motor sport saat ini. Pertama adalah panel indikator yang futuristik dengan perpaduan antara model analog dengan digital yang membuat pengemudi MX King 150 lebih mudah dan nyaman dalam membaca serta mengetahui informasi mengenai kondisi Yamaha Jupiter MX King 150 ini. Dengan adanya sapaan “Hi Buddy” atau “Ready to Go” saat mesin dinyalakan dengan kunci pada posisi ON membuat berkendara dengan Yamaha MX King 150 ini semakin menyenangkan. Lalu yang kedua yakni pada sistem pencahayaannya pada lampu utamanya yang telah menggunakan jenis lampu Halogen (HID) dan memiliki lampu sein serta lampu senja yang berjenis LED semakin memberikan kesan Yamaha MX King 150 yang futuristik dan modern. Bahkan pada bagian belakang yakni stop lampnya yang memiliki inspirasi dari Yamaha YZF R25 dengan jenis lampu LED membuat penampilan motor ini semakin sporty dan bergaya.
Selanjutnya yakni bentuk spakbor Yamaha Jupiter MX King 150 ini memiliki inspirasi motor sport kelas atas dari Yamaha yakni Yamaha YZF R6, yang memiliki lampu sein terpisah serta ditambah dengan rear hugger membuat tampilan motor ini semakin racy dan sporty untuk motor bebek sekelasnya. Lalu pada spesifikasi Yamaha MX King 150 ada juga fitur pengereman yang telah mengaplikasikan jenis ventilated disc brake pada kedua rodanya membuat fungsi pengereman MX King ini semakin aman dan nyaman. Ban Yamaha MX King 150 yang berukuran besar dengan jenis tubeless pun akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, aman dan stabil. Dan yang terakhir adalah penggunaan pendingin mesin berbasis Liquid Cooled (LC) atau berpendingin cairan membuat suhu mesin akan lebih terjaga dengan stabil pada kondisi apapun. Tentunya keunggulan yang ada pada spesifikasi Yamaha Jupiter MX King 150 ini belumlah dimiliki oleh kompetitor-kompetitor lainnya. Apalagi dengan teknologi piston yakni DiAsil Cylinder diklaim dapat memberikan performa yang optimal serta memiliki ketangguhan yang lebih baik pada motor bebek sekelasnya.
Yamaha Jupiter MX King 150
Mesin
Tipe Mesin:4-stroke, 4-valve, SOHC, berpendingin cair
Jumlah silinder:Silinder tunggal
Kapasitas silinder:149.7cc
Diameter dan Stroke:57,0 x 58,7 mm
Rasio kompresi:10.4: 1
Daya maksimum:11.3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpm
Torsi maksimum:13,8 N·m (1,4 kgf·m) / 7.000 rpm
Sistem Pelumasan:karter basah
Kapasitas oli mesin:0,95 liter
Kapasitas tangki bahan bakar:4.2 liter
Sistem bahan bakar:Injeksi (1 injector)
Kelistrikan
Sistem pengapian:T.C.I (Digital)
Sistem kopling:Sentrifugal basah
Rasio roda gigi:1: 2833/2: 1875/3: 1429/4: 1143/5: 0957
Jenis Drivetrai:5
Rangka
Tipe Rangka:Pipa baja – struktur intan
Ukuran roda depan:70/90-17M/C 38P (tubeless)
Ukuran roda belakang:120/70-17M/C 58P (tubeless)
Rem depan:Cakram hidrolik (diameter 245,0 mm)
Rem belakang:Cakram hidrolik (diameter 203,0 mm)
Suspensi depan:Teleskopis
Suspensi belakang:Monoshock
Lampu besar:Halogen 12V 35 / 35W × 1
Dimensi
Dimensi (Panjang x Lebar x Tinggi):1,970 mm x 670 mm x 1.080 mm
Tinggi jok:780 mm
Jarak antara kedua as roda:1.290 mm
Berat:115 kg
Jarak terendah ke tanah:135mm
Garansi:3 tahun / 30,000km

Harga Yamaha MX King 150

Nah sampailah kita pada segmen yang penting yaitu informasi harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru setelah daritadi mengulas spesifikasi motor bebek sporty dari Yamaha ini di semua sektornya. Bagaimana bro dan sis, sangat lengkap dan menarik bukan? Eits, tapi sebelum Mas Sena membisikkan informasi mengenai harga Yamaha MX King 150 yang memiliki julukan “King Of Street” ini, ada baiknya Mas Sena memberikan sedikit kesimpulan mengenai motor ini. Julukan dari Yamaha MX King 150 yakni “King Of Street” tersebut menurut Mas Sena tidaklah berlebihan karena motor bebek ini memang menawarkan performa yang sangat tangguh untuk motor bebek saat ini. Bahkan performanya bisa ditandingkan dengan motor sport 4 tak yang juga berkapasitas 150 cc. Motor ini juga menawakan desain yang sporty dan dipadukan dengan dimensi yang pas serta tangguh membuat motor ini semakin mantap untuk digunakan. Apalagi berbagai fitur-fitur ala motor sport yang diberikan pada Yamaha Jupiter MX King 150 ini pasti membuat anda penasaran ingin merasakan sensasi berkendaranya. Lalu berapakah harga Yamaha MX King 150 terbaru yang dibanderol di Indonesia ini?
harga yamaha jupiter mx king
Sesuai dengan kubikasi mesinnya yang berkapasitas 150 cc, dipastikan harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru memiliki kisaran harga yang cukup tinggi dan berada pada kisaran motor sport batangan kelas 150 cc saat ini. Benar saja, motor bebek sport terbaru andalan Yamaha Indonesia yang belum diluncurkan secara resmi memang memiliki harga yang tinggi. Di negara pertamanya yakni Vietnam, motor bebek sport yang memiliki nama lain Yamaha Exciter 150 ini dibanderol dengan harga 44.990.000 VND atau jika dikonversikan ke mata uang negara kita berkisar Rp 26.000.000 per satu unitnya. Bagaimana bro dan sis? Cukup mahal bukan? Namun menurut Mas Sena harga tersebut berbeda dengan pasar otomotif tanah air yang membuat banderol harga Yamaha MX King 150 bisa kurang yakni berada pada kisaran harga Rp 23 hingga Rp 26 jutaan. Jika harga terendah tersebut berlaku untuk motor ini maka menurut Mas Sena harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru tersebut sudah sebanding dengan apa yang ditawarkan untuk sebuah motor bebek berkemampuan tinggi yang bisa disandingkan dengan motor sport batangan 4 tak berkubikasi 150 cc saat ini. Apalagi dengan desain, dimensi dan fitur yang cukup baik maka membuat motor ini menjadi pilihan bagi yang menginginkan kendaraan sport, modern dan tangguh. Sekarang giliran Mas Sena menanyakan kepada para pembaca setia Semisena, apakah anda berminat untuk memboyong motor bebek dari Yamaha ini setelah mengetahui harga Yamaha MX King 150 terbaru?
harga yamaha mx king
Tetapi perlu bro semua ketahui apabila kisaran harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru terbaru diatas adalah sebuah prediksi saja dari Mas Sena. Harga resmi yang diatas hanyalah berlaku pada negara tempat peluncurannya saja, Vietnam. Nah tadi telah Mas Sena sebutkan seberapa jauh selisih harga dari harga yang berlaku di Vietnam jika produk ini dijual di tanah air. Namun Mas Sena tidak dapat menjamin apabila prediksi harga Yamaha MX King 150 terbaru yang Mas Sena utarakan tersebut akan tepat dan sesuai jika Yamaha sudah membawa motor tersebut ke tanah air. Jadi bro dapat mensiasati kondisi ini jika Yamaha MX King 150 ini sudah beredar di Indonesia dengan cara mempersiapkan budget yang lebih besar sehingga ketika terjadi perubahan harga maka bro tidak merasa kaget dengan hal tersebut. Apabila bro benar-benar merasa penasaran dengan harga Yamaha MX King terbaru yang berlaku di Indonesia maka Mas Sena menyarankan bro untuk segera mengunjungi dealer-dealer resmi Yamaha terdekat dari tempat anda untuk menanyakan informasinya.
Bagaimana sudah tahu kan spesifikasi serta harga Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru? Menurut dari berbagai info yang beredar kemungkinan produk tersebut pertama kali akan dibuka selubungnya pada awal Maret 2015. Jadi bagi bro yang berminat untuk memiliki Yamaha MX King 150 ini dapat terlebih dahulu menabung terlebih dahulu agar bisa menyesuaikan dengan harga Yamaha MX King 150 yang dibandrol supaya ketika motor bebek sport ini telah sampai didistribusikan maka bro dapat langsung membawanya pulang. Yamaha MX King 150 terbaru ini memang dipersiapkan Yamaha untuk menandingi kejayaaan dari Suzuki Satria F150 yang bermain dalam segmentasi hyper underbone. Namun Yamaha tidak menciptakan sebuah motor hyper underbone karena kelompok konsumen yang diincar oleh Yamaha dengan meluncurkan MX King 150 ini adalah bagi mereka yang menginginkan sebuah motor bebek namun dapat dipacu dengan tingkat kecepatan tinggi di jalanan. Fakta ini semakin diperjelas dengan julukan “King Of Street” yang melekat pada Yamaha Jupiter MX King 150 terbaru ini. Mas Sena memprediksi jika motor ini akan menjadi konsep motor baru yang belum pernah ada sebelumnya sehingga dapat menarik minat dan membuat penasaran para konsumen penggiat motor otomotif. Menarik juga ya, mari kita tunggu bersama debut perdana motor terbaru Yamaha ini pada saat diluncurkan pada bulan depan di Indonesia! Itulah ulasan mengenai harga Yamaha MX King 150 terbaru pada segmen terakhir kali ini yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini.

1 komentar: